Sabtu, 07 Juni 2008

A Small Place ; Sebuah Narasi Poskolonial


Judul buku : A Small Place; sebuah narasi poskolonial
Penulis : Jamaica Kincaid
Penerbit : Lafadl
Terbitan : Juli 2006

Tentang Antigua, setelah bertahun-tahun lepas dari penjajah. Kincaid benar-benar mengisi protes dalam tiap seluk beluk Antiguanya, Antigua yang dikenalnya dulu dan antiguanya sekarang, diceritakannya secara physically detail, kemudian menyeruak ke bagian tersembunyi yang tak diketahui oleh orang-orang yang tak mengenal Antigua, bagian yang merupakan protes seorang Kincaid sebagai orang yang mencintai tanah kelahirannya.

Penjajahan yang dulu pernah berlangsung di Antigua, bahkan setelah kemerdekaan masih saja berlangsung. Orang-orang inggris yang dulu menjajah, bangsa asing lain yang dulu juga ikut mereguk keuntungan dari kondisi penjajahan dan ditambah dengan orang Antigua sendiri yang berada di kalangan atas, mereka masih saja menjadikan Antigua sebagai sebuah tanah penjajahan, masih tetap memeras dan memperbudak rakyat. Setiap orang yang datang ke Antigua dan punya banyak uang, seakan bisa membeli apa saja disana.

Sebuah narasi yang detail sekali tentang Antigua poskolonial. Tentang kenyataan, tentang perasaan seorang Antigua yang mencintai tanah airnya. Keadaan seperti di Antigua, mungkin secara umum masih banyak terjadi di Negara-negara bekas jajahan, seperti juga di negeri kita ini, Indonesia.

Tidak ada komentar: